Baca ya : Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka dengan cara mengecilkan ukuran video (kompres) tersebut ialah hal yang harus dilakukan dan benar biar bisa menghemat penyimpanan drive baik itu memori ponsel maupun hardisk pc/laptop. Tetapi apakah dengan mengecilkan ukuran video tidak akan mempengaruhi pada kualitasnya itu sendiri, tidak alasannya ialah kini ini sudah banyak aplikasi yang membantu untuk mengkompresi file-file misalnya video dengan tanpa mengurangi kualitas videonya itu sendiri.

Apalagi video yang sudah di konversi dari format satu ke format video lainnya yang biasanya akan menaikan ukuran file video alasannya ialah belum menjadi video yang matang yang artinya memerlukan proses encoding kembali pada video tersebut.

Artikel terkait:

Sebelum masuk ke tutorial mengecilkan ukuran video maka terlebih dahulu download alat/bahan yang diharapkan dalam memperkecil ukuran video, Anda bisa mendapat alat/bahannya di link yang sudah saya sediakan berikut.

Dalam file materi tutorial tersebut terdapat dua file yang akan dipakai sebagai alat untuk mengecilkan ukuran video yang berupa aplikasi yang akan memerintahkan untuk membuka CMD (Command Prompt) yang nantinya juga untuk proses kompresi akan berjalan di cmd tersebut.

Cara Mengecilkan Ukuran File Video

Cara kompres/mengecilkan ukuran file video mungkin terdengar biasa bagi orang yang suka anime atau film-film apalagi orang yang berkecimpung dalam dunia fansub atau yang suka meng-encoding kembali video alasannya ialah memperkecil resolusi maupun mengganti format video.

Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Namun tutorial ini ditujukan untuk orang yang belum tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran file video tanpa mengurangi kualitasnya dan bagi yang ingin melakukannya bisa eksklusif simak dan ikuti langkah-langkahnya dibawah.

  1. Pertama Anda ekstrak terlebih dahulu semua file yang terdapat pada materi tutorial.
  2. Kemudian buka terlebih dahulu file yang berjulukan HandBrakeCLI.exe yang maka akan terbuka cmd sebentar kemudian buka file Cyko.exe yang akan kita gunakan mengatur untuk mengecilkan file video.
  3. Setelah cyko terbuka, maka lihat lokasi keluaran dulu biar tidak mencari-nantinya kemudian klik pada Add Source Files untuk menambahkan video yang akan dikecilkan ukuran filenya.

  4. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  5. Cari video yang akan dikecilkan dan apabila sudah Pilih video kemudian klik Open. Seperti pada tutorial saya menentukan video One Piece 795 yang berukuran 219 MB yang merupakan hasil dari konveri dari format MKV ke MP4 yang sebelumnya saya lakukan.

  6. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  7. Kita masuk ke Options, Pada Pengaturan (Settings) sesuaikan ibarat berikut.

  8. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya
    • Rate Control: Target Quality
    • Value: 26
    • Height (pixel): sesuai dengan video orisinil (tetap)
    • Audio Bitrate: 48
    • Centang Hard Subs apabila video berformat MP4 dan kosongkan apabila MKV.
    Pada Presets pilih High Quality, sesudah semuanya simpulan klik pada "Scan Audio Tracks Count Then Put Parameters To Outputs" untuk melaksanakan scanning terlebih dahulu.

  9. Tunggu beberapa ketika untuk proses scanning dan apabila sudah simpulan maka akan eksklusif beralih ke Outputs dan klik Encode untuk memulai proses.

  10. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  11. Tunggu kembali hingga proses encoding selesai, mungkin ini akan memakan waktu yang cukup usang yang memang kecepatan pada proses ini dipengaruhi dari durasi video, besarnya file dan kemampuan PC/Laptop Anda dalam pengoperasiannya.

  12. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  13. Apabila proses encoding sudah selesai, maka lihat file di folder keluaran dan lihat besar file video akan lebih kecil dari sebelumnya bahkan hingga 100% lebih.

  14. Ukuran file video yang biasanya besar tentu akan memakan banyak penyimpanan drive maka den Baca ya :  Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  15. Pada tutorial ini juga file video yang awalnya 219 MB menjadi 88 MB dan coba play maka kualitas video tidak berubah dan tetap ibarat aslinya.
Baca juga "Cara Membuat Thumbnails (Cuplikan) Video Menggunakan Media Player Classic"

Begitulah artikel kali ini yang membahas bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya, terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk membagikan artikel apabila dirasa bermanfaat.
Sumber http://www.bloggars.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baca ya : Cara Kompres/Mengecilkan Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya"

Post a Comment