Baca ya : SEO Blogger: Tutorial Lengkap Optimasi SEO di Blog

Optimasi SEO di blog terutama Blogger ini ialah hal yang utama yang harus dilakukan oleh penulis atau pemilik blog alasannya ialah dengan memaksimalkan seo blog dan dengan mengelola seo dengan benar maka akan mempermudah blog atau website ditemukan oleh orang lain di mesin pencari. Dengan blog mudahnya ditemukan oleh orang lain mesin pencari maka akan banyak orang juga yang mengunjungi blog Anda.

Namun tentu saja ini hal yang sulit dilakukan apabila Anda gres saja mengenal dunia blog dan tidak tahu apa itu seo dan bagaimana cara mengoptimalkannya semoga blog gampang ditemukan dengan kata kunci yang sesuai.

 terutama Blogger ini ialah hal yang utama yang harus dilakukan oleh penulis atau pemilik Baca ya :  SEO Blogger: Tutorial Lengkap Optimasi SEO di Blog

Apa itu SEO?

SEO merupakan abreviasi dari kata Search Engine Optimization yang apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia Pengoptimalan Mesin Pencari, dengan adanya seo Anda sanggup menyebabkan blog Anda terlihat di mesin pencari dan gampang ditemukan. Namun dengan penggunaan seo yang tidak benar atau tidak pas itu juga akan menciptakan blog atau situs Anda tidak di indeks oleh mesin pencari jadi berhati-hatilah dalam mengoptimalkan seo. Sebenarnya seo ialah hal yang sangat sederhana dilakukan apabila sudah mengenalnya dan tahu apa fungsi dari teknik-teknik seo yang tersedia.

Sekarang ini banyak penyedia jasa seo yang sanggup memaksimalkan dan meningkatkan blog Anda di mesin pencari dengan memakai jasa orang lain baik itu perusahaan maupun peorangan tentu akan menghemat waktu Anda dalam mengelola seo tetapi terdapat efek buruknya juga apabila orang yang Anda sewa memakai seo yang tidak disukai oleh google yaitu black seo yang akan merugikan blog Anda. Maka dari itu apabila ingin memakai jasa untuk seo blog Anda, pastikan dengan teliti bahwa penyedia jasa tersebut merupakan orang yang sudah terpercaya dan terbukti manis akan pekerjaannya. Baca selengkapnya mengenai seo di bantuan google.

Mengelola SEO Blogger

Supaya seo blog Anda maksimal tentu harus mengelola seo itu sendiri dengan melaksanakan beberapa hal yang memang harus dilakukan untuk memudahkan blog Anda ditemukan. Bisa dibilang teknik seo dan juga sanggup ini dibilang meningkatkan secara optimal seo blogger namun keduanya sama sanggup menyebabkan blog lebih seo dari sebelumnya. Tutorial sederhana yang diberikan pada artikel ini merupakan khusus untuk pengguna platform blogger terutama yang terdapat pada setelan (setting) sementara lainnya sama tetapi berbeda penggunaannya sama.

1. Privasi Blog

Ini ialah hal yang pertama harus Anda tahu, apakah blog Anda sanggup diakses dan sanggup ditemukan oleh mesin pencari. Tentu apabila blog ingin gampang ditemukan oleh orang lain berikan kanal pada mesin pencari semoga blog Anda sanggup terindeks dengan melaksanakan cara berikut.

  1. Masuk ke blogger.
  2. Lalu pada dasboard, klik untuk masuk Setelan > Dasar.
  3. Pada pengaturan "Privasi" klik Edit disamping.
  4. Pilih Ya pada kedua pilihan yang ada.
  5. Kemudian klik Simpan Perubahan.

2. Menambahkan Deskripsi Blog

Deskripsi blog sangat penting untuk klarifikasi blog Anda, mengenai apa blog Anda, isi konten apa yang terdapat pada blog dan membahas apa saja blog tersebut. Nah dengan adanya deskripsi blog maka mesin pencari terutama google akan gampang mencari blog Anda alasannya ialah tahu apa yang ada pada blog dan apa yang tidak. Dengan menggunakannya deskripsi pada blog maka blog akan lebih seo dan gampang ditemukan contohnya blog Anda membahas tutorial blogger maka dengan kata kunci tersebut google akan mengarahkan calon pembaca pada blog Anda namun tentu tidak semudah itu alasannya ialah banyak yang membahas hal itu selain blog Anda.

Berikut cara mengatur deskripsi blog di blogger, dengan begitu blog Anda akan lebih seo daripada sebelumnya.

  1. Pada dashboard blogger, klik pada Setelan > Preferensi penelusuran.
  2. Maka akan terdapat "Deskripsi" dan klik Edit untuk menambahkannya.
  3. Pilih Ya dan tuliskan deskripsi blog Anda.
  4. Lalu klik Simpan Perubahan untuk menyimpannya.

3. Mengatur Pesan Laman Tidak Ditemukan

Ternyata dengan mengatur pesan laman yang tidak ditemukan atau memang tidak terdapat atau sudah dihapus pada blog Anda akan menciptakan blog lebih seo alasannya ialah dengan begitu memungkinkan google untuk tahu bahwa halaman tersebut tidak terdapat pada situs dan tidak akan ada pengindeksan. Untuk mengaturnya Anda sanggup ikuti langkah berikut.

  1. Pada dashboard blogger, klik pada Setelan > Preferensi penelusuran.
  2. Kemudian pada bab "Kesalahan dan pengalihan" terdapat "Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan" dan klik Edit pada pilihan tersebut.
  3. Lalu masukan pesan khusus pada daerah yang disediakan, dan klik Simpan perubahan.
  4. Sebenarnya Anda juga sanggup memakai HTML sederhana untuk opsi ini.

4. Mengalihkan URL yang dihapus

Berhubungan dengan pesan laman yang tidak ditemukan, alasannya ialah adanya url konten yang dihapus dengan sengaja atau diganti dengan konten gres maka diharapkan untuk mengalihkan url tersebut semoga url yang sudah dihapus tidak terakses, berikut cara mengaturnya.

  1. Pada dashboard blogger, klik pada Setelan > Preferensi penelusuran.
  2. Kemudian pada bab "Kesalahan dan pengalihan" terdapat "Pengalihan Khusus" dan klik Edit pada pilihan tersebut.
  3. Isikan "Dari" dengan URL yang sudah dihapus dan "Kepada" dengan URL yang baru. Apabila artikel yang orisinil memang sudah dihapus, maka centang "Permanen" pada pengaturan.
  4. Lalu klik Simpan > Simpan perubahan.

5. Mangatur Robots.txt Khusus

Robots.txt khusus diharapkan apabila Anda ingin menciptakan sebagian atau salah satu halaman pada blog tidak ingin ditemukan oleh mesin pencari dan ini merupakan salah satu untuk memaksimalkan seo blog.

  1. Pada dashboard blogger, klik pada Setelan > Preferensi penelusuran.
  2. Kemudian pada bab "Perayap dan pengindeksan" terdapat "robots.txt khusus" dan klik Edit pada pilihan tersebut.
  3. Pilih Ya dan masukan konten yang ingin diabaikan oleh mesin pencari.
  4. Lalu klik Simpan perubahan.
Robots.txt memang jarang dipakai alasannya ialah sanggup menyebabkan blog Anda diabaikan oleh mesin pencari apabila salah menggunakannya dan lebih banyak dipakai untuk mengatasi jingling. Apabila tidak dipakai robots.txt akan pada posisi default dengan isyarat sebagai berikut.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://www.namadomain.com/sitemap.xml
Kode tersebut akan terlihat di webmaster tools blog Anda yang terdapat pada bab Crawl > robots.txt Tester.

6. Mengatur Tag Tajuk Robot Khusus

Mengatur tag tajuk robot khusus sama halnya dengan robots.txt khusus yaitu untuk memaksimalkan seo blog Anda namun ini lebih sederhana untuk dilakukan alasannya ialah hanya tinggal mencentang apa yang dibutuhkan blog soal perayapan dan pengindeksan. Biasanya tag tajuk robot ini dipakai untuk mengatur arsip dan penelusuran pada blog semoga tidak diindeks oleh mesin pencari pola sebagai berikut.

 terutama Blogger ini ialah hal yang utama yang harus dilakukan oleh penulis atau pemilik Baca ya :  SEO Blogger: Tutorial Lengkap Optimasi SEO di Blog

Cara mengatur tag tajuk robot khusus sendiri sebagai berikut.

  1. Pada dashboard blogger, klik pada Setelan > Preferensi penelusuran.
  2. Kemudian pada bab "Perayap dan pengindeksan" terdapat "Tag tajuk robot khusus" dan klik Edit pada pilihan tersebut.
  3. Pilih Ya dan atur sesuai yang dibutuhkan blog Anda.
  4. Lalu klik Simpan perubahan.
Pengoptimalan mesin pencari (seo) yang dijelaskan diatas merupakan dari segi pengaturan blogger yang memang harus Anda atur semoga sanggup memaksimalkan seo blog Anda alasannya ialah dengan begitu blog akan gampang dicari dan google akan menyesuaikan perayapan dan penelusuran blog sesuai pengaturan yang diberikan/diperintahkan. Namun tidak lengkap namanya apabila tidak beserta dengan cara meningkatkan secara optimal seo blog pada konten (artikel) alasannya ialah untuk mendapat seo skor 100% (maksimal) tentu membutuhkan hal ini.

Optimasi SEO pada Artikel Blog

Blog Anda sudah seo namun konten pada blog tidak seo, maka akan sia-sia saja alasannya ialah yang dicari dan ditelusuri mesin pencari ialah kontennya bukan halaman blog saja. Konten sanggup berisi artikel atau klarifikasi apa saja yang akan Anda berikan pada pembaca. Ada beberapa hal juga untuk mengoptimalkan seo pada konten yang harus Anda lakukan untuk memudahkan pembaca menemukan konten tersebut, berikutlah cara optimasinya.

1. Pemakaian Header

Pemakaian header pada konten sangat diwajibkan selain mengoptimalkan mesin pencari, header pada konten juga akan memudahkan pembaca dalam membedakan bab paragraf yang dibaca alasannya ialah sesuai dengan header, cara menggunakannya sendiri ialah sebagai berikut.

  1. Pada Editor Post di Blogger, soroti kalimat atau kata yang akan dijadikan header.
  2. Lalu klik pada "Format" teks yang terdapat pada sajian editor post

  3.  terutama Blogger ini ialah hal yang utama yang harus dilakukan oleh penulis atau pemilik Baca ya :  SEO Blogger: Tutorial Lengkap Optimasi SEO di Blog

  4. Kemudian pilih header sesuai yang dibutuhkan.

2. Optimasi Gambar Konten

Untuk mengoptimalkan gambar pada konten semoga sanggup dengan gampang ditelusuri dan dicari pada search engine maka ada 2 hal yang harus dilakukan yaitu dengan menambahkan alt dan title pada gambar tersebut. Dengan melaksanakan kedua hal tersebut maka google akan mengetahui bahwa gambar tersebut memiliki judul dan keterangan yang tertulis sehingga apabila mencarinya dengan kata kunci atau sesuai dengan judul atau alt gambar maka gambar tersebut akan berada pada pencarian gambar di google. Cara menambahkan sanggup dilakukan ibarat berikut.

  1. Pada Editor Post, tambahkan gambar dengan klik Insert Image.
  2. Klik pada gambar dan pilih Properties.
  3. Lalu ketikan judul gambar pada "title" dan deskripsi singkat pada "alt".
  4. Klik OK untuk menyimpannya.
Selain kedua hal itu ada hal lain yang akan membantu mengoptimalkan gambar di mesin pencari yaitu nama file dari gambar itu sendiri, contohnya gambar mengenai seo blog maka nama file yang baik ialah "seo blog.png" atau "seo blog.jpg" sesuai jenis file gambar. Google lebih menyukai suatu halaman itu tidak berat dikala dimuat maka kompres file gambar juga untuk meringankan loading pada blog dengan memakai aplikasi ataupun situs penyedia kompres gambar.

3. Optimasi URL Konten

Mengoptimalkan URL konten blog Anda tentu akan menambah seo konten blog alasannya ialah url sesuai kata kunci yang ditarget pada konten tersebut, misalkan ibarat berikut alasannya ialah konten yang dibentuk membahas meningkatkan secara optimal seo blog maka url lebih baik ibarat ini.
http://www.namablog.com/optimasi-seo-blog.html
Maka dengan begitu url sudah manis untuk konten Anda yang dibentuk dan cara mengubahnya sendiri dengan cara berikut ini.

  1. Pada sajian sebelah kanan Editor Post, terdapat Setelan Entri.
  2. Klik pada Link dan pada "Tautan permanen", pilih Tautan Permanen Khusus.
  3. Masukan url konten sesuai yang diinginkan dengan tanda "-" sebagai pemisah.
  4. Klik Selesai untuk menyimpannya.

4. Deskripsi Penelusuran Konten

Selain mengatur tag deskripsi pada blog, Anda juga perlu menambahkann deskripsi penelusuran pada konten blog berkhasiat untuk memudahkan mesin pencari dalam mendeteksi isi konten tersebut yang tentu menciptakan seo konten blog lebih baik. Sebelum melaksanakan hal ini Anda harus sudah mengatur deskripsi blog yang terdapat pada point 2 dalam mengelola seo blogger dan apabila sudah maka lakukan berikut untuk menambahkan pada konten.

  1. Pada sajian sebelah kanan Editor Post, terdapat Setelan Entri.
  2. Klik pada Deskripsi Penelusuran dan tambahkan deskripsi sesuai konten blog yang dibahas.
  3. Klik Selesai untuk menyimpannya.
Dengan keempat cara untuk memaksimalkan seo pada konten blog, maka konten pada blog akan lebih gampang ditemukan oleh calon pembaca pada mesin pencari dan dengan begitu blog Anda akan banyak pembaca yang mengunjungi blog untuk mendapat informasi atau artikel yang dibuat.

Baca juga "Tips Menulis Artikel Berkualitas dan SEO Friendly"

Kesimpulan

Kesimpulan yang didapat pada artikel ini bekerjsama untuk meningkatkan secara optimal seo di blog sebenarnya sederhana untuk dilakukan sesuai pinjaman yang diberikan oleh google pada pengguna blogger untuk membantu orang lain menemukan blog Anda. Namun akan sangat sulit bagi Anda apabila tidak mengetahuinya dan tidak mencari tahu, lebih banyaklah membaca semoga pengetahuan Anda lebih luas dan sanggup bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Artikel orisinil sanggup dilihat di bantuan google untuk blogger.
Sumber http://www.bloggars.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baca ya : SEO Blogger: Tutorial Lengkap Optimasi SEO di Blog"

Post a Comment