Baca ya : Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

Google Analytic yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganalisa situs web/blog yang kita punya. Google Analytic dapat meninjau situs kita dimulai dari pengunjung (visitor), tayangan laman, sesi ataupun yang menandakan trafik web/blog lainnya. Dengan memakai google analytic kita dapat menganalisa situs blog yang kita punya dengan begitu akan mempermudah kita dalam mengetahui warta mengenai trafik blog tersebut.

 yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

Lalu bagaimana supaya kita dapat memakai Google Analytic tersebut? Cukup gampang alasannya layanannya gratis jadi hanya perlu mendaftakan situs blog yang Anda punya ke layanan google analytic. Nah maka dari itu saya disini akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar ke google analytic tersebut supaya dapat menggunakannya.

Artikel kali ini yang saya bahas bejudul Cara Daftar dan Pasang Kode Pelacakan Google Analytic, sesuai judulnya tidak hanya mendaftar saja tapi saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang instruksi pelacakan google analytic ke dalam blog Anda supaya blog terlacak oleh google analytic dan ditinjau. Langsung saja simak klarifikasi berikut ini.

Daftar Google Analytic

  1. Pertama Anda kunjungi registrasi Google Analytic di https://analytics.google.com/analytics/web/provision/?authuser=0#provision/SignUp/.
  2. Lalu sesudah ke halaman registrasi google analytic klik "Sign Up" untuk mendaftar.

  3.  yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

  4. Pada tahap pendaftaran, Anda pilih Website kemudian isi data dengan sesuai.

  5.  yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

    • Account Name, isi kolom ini dengan nama akun yang akan dibentuk atau dengan memakai nama Blog yang akan didaftarkan.
    • Website Name, isi kolom ini dengan nama website/blog yang akan didaftarkan.
    • Website URL, Anda pilih http atau https apabila blog memakai https kemudian isi dengan alamat (URL) website/blog pada kolom.
    • Industry Category, pilih kategori yang sesuai atau pilih termasuk kategori apa website/blog yang akan didaftarkan.
    • Reporting Time Zone (Laporan Zona Waktu), sesuaikan lokasi pada referensi saya pilih lokasi Indonesia kemudian menentukan zona waktu GMT+7 atau biasanya menujukan lokasi Bangkok, Hanoi dan Jakarta.
  6. Setelah semua data sudah diisi Anda baca kebijakan privasi yang diberikan oleh layanan google analytic dan kemudian klik "Get Tracking ID" untuk mendapat instruksi pelacakan untuk dipasang di situs web atau blog.

  7.  yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

  8. Setelah langkah terakhir registrasi atau dengan cara klik Get Tracking ID tadi maka akan muncul halaman yabng berisi instruksi pelacakan google analytic menyerupai dibawah untuk dipasang di situs web/blog Anda.

  9.  yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic
Kode pelacakan yang harus dipasang di pasang pada web/blog yang didaftarkan tadi berfungsi semoga situs web/blog dapat dilacak dan sinkron dengan google analytic. Maka kini kita akan masuk ke klarifikasi yang kedua mengenai cara memasang instruksi pelacakan tersebut pribadi saja simak berikut ini.

Baca juga "Cara Mendaftarkan Situs Blog ke Google Webmaster Tools"

Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

Ada dua cara dalam memasang instruksi pelacakan google analytic supaya sinkron dengan blog yaitu  dengan memasukan Tracking ID pada web/blog ataupun memakai Website tracking yaitu dengan instruksi script yang harus disimpan pada HTML.

A. Mensinkronkan Google Analytic Melalui Tracking ID

  1. Pertama Anda harus login terlebih dahulu ke blogger.
  2. Pada Dashboard blogger, masuk ke "Setelan" > "Lainnya" kemudian scroll hingga paling bawah maka Anda akan menemukan Google Analytics, masukan Tracking ID yang ada pada tahap kelima registrasi pada kolom "ID Properti Web Analytic".

  3.  yaitu layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita dapat memantau dan menganali Baca ya :  Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

  4. Setelah memasukan instruksi pelacakannya maka klik "Simpan setelan", selesai sudah.

B. Mensinkronkan Google Analytic Melalui Website Tracking

  1. Sama dengan hal diatas Anda harus sudah login ke blogger.
  2. Namun disini pada Dashboard masuk ke "Template" > "Edit HTML" kemudian masukan script menyerupai dibawah ini yang ada pada tahap kelima dalam registrasi diantara <head> dan </head>.
  3. <script> (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-77281715-2', 'auto'); ga('send', 'pageview'); </script>
    Kode yang berwarna merah yaitu instruksi pelacakan Google Analytic web/blog Anda.
    Namun saya sarankan Anda menyimpan script sesudah meta tag atau diatas instruksi </head> supaya tidak berdekatan dengan meta tag yang ada pada blog.

  4. Setelah itu Anda klik "Simpan template" untuk menyimpannya.
Baca ini juga "Cara Menambahkan Sitemap di Google Webmaster Tools"

Selesai sudah memasang instruksi pelacakan google analytic pada blog, kini blog Anda sudah sinkron dengan layanan google analytic dan mulailah analisa statistik situs web/blog Anda dengan Google Analytic tersebut supaya dapat mempelajari mengenai pembaca situs web/blog.

Begitulah artikel kali ini yang saya berikan mengenai Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic, saya berharap artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda supaya dapat melakukannya. Sekian dari saya terima kasih sudah membaca artikel ini.
Sumber http://www.bloggars.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baca ya : Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic"

Post a Comment